Saturday, September 6, 2008

BANTUL TERCINTA



Bantul menurut saya baru mulai ngetop sewaktu dilanda gempa di tahun 2006. Sebelum itu, mana ada yang kenal… (?) kalaupun ada yang tahu, pasti mereka mentertawakan. Saya ingat, waktu kuliah dulu ada bapak-bapak petugas admin kampus yang tanya “lahir di bantul? Dimana tuh? Kok nama daerahnya lucu sih.... ? bantululululululul….” Gitu katanya…. Hahaha… saya ikutan tertawa.

Lain lagi, komen teman satu training dulu waktu saya kerja di Banking Company Top negeri ini. “hah Bantul..? itu khan Desa miskin. Masuk list IDT – inpres desa tertinggal” sebelum saya jawab, peserta training lain menyahut “emang kenapa kalo miskin? Loe mau bantu? Loe betawi banyak tanah luas juga cuman dijualin bukan? Trus jatuh-jatuhnya banyak yang miskin juga…” waduuuh… ngga ikutan ah, kenapa jadi ribut sih?

Plat Mobil-Motor Yogyakarta yang dimulai dari abjad “AB” pun konon merupakan singkatan dari : Aaaaa…. Bantul…!!!! Hihihihi… ada-ada saja. Akhir-akhir ini saya juga banyak mendengar istilah lucu lain yaitu : GABAN (gadis Bantul) dan MACAN TUTUL (manis cantik turunan bantul) weeeeh… saya doooonk? Hahahahaha…. Huuushhh..!!

Apapun komentar orang, saya tetap selalu kangen sama Bantul dan kota Yogya-nya. Biarpun sudah pernah lihat kincir angin dan bunga Tulip di Amsteram, saya tetap kangen sama sawah dan kali kecil bening depan rumah bude. Biarpun pernah kekenyangan makan buah ceri di Montpelier, saya tetap terkenang buah Murbei dan buah Talok di pekarangan rumah Mbah Adi. Biarpun Sudah pernah lihat menara Eifel di Paris dan Manekin Pis di Brussel, saya tetap kangen melewati gapura Pojok Beteng Wetan dan Kulon. Biarpun saya pernah menikmati pagi yang sejuk di laut Mediterania, saya tetap suka pantai Parang Tritis. Biarpun saya pernah melihat pertunjukan Flamenco di Barcelona, saya tetap suka tarian-tarian jawa di panggung Balaidesa serta Jatilan dengan “gendruwo”nya serta ketoprak yang ada Petruk, Gareng Bagong dan Semar.

Ngga tahu kenapa, saya selalu kangen sama panas dan debunya Bantul, kangen sama pasar becek dan bau jajanannya, kangen mbok-mbok yang jalan bawa tenggok di pinggang pake kain batik trus bicara-bicara medhok Jawa. Saya juga kangen mendengar sayup-sayup music gamelan langsung dari klenengan aslinya.

Tuuuh betul khan?
Saya memang orang Bantul asli.
Terimakasih ya dear Allah menjadikan saya MACAN TUTUL.. gggrrrhhh… hehehe…

No comments: